28 December, 2011

Hello World

Hi sobat-sobat.. Selamat datang di kodeprogramcpp !!! Pada kesempatan kali ini saya akan memuat posting tentang dasar pemrograman Bahasa C dan saya akan menjelaskan bagaimana membuat program sederhana untuk menampilkan "Hello World". Mari kita mulai saja pembahasan nya.


/*Menampilkan Hello World
dengan bahasa C
*/

#include <stdio.h>
#include <conio.h>
int main()
{
     printf("Hello world");
     getch();
     return 0;
}











Pada kode program Bahasa C di atas, saya menggunakan preprosesor directive #include untuk menginstruksikan kompiler bahwa saya menggunakan header standard atau kode file yang sudah saya deklarasikan dan preprosesor directive #include akan mengarahkan kompiler ke header file yang sudah saya deklarasikan, seperti stdio.h dan conio.h yang saya gunakan pada kode program di atas.

Header "stdio.h" dalam bahasa C, digunakan agar kita bisa menggunakan fungsi printf dan scanf dalam menampilkan dan menangkap inputan pengguna melalui papan tuts komputer. dan menyimpan inputan pengguna ke dalam memory penyimpanan sementara. Format penggunaan fungsi printf bisa anda perhatikan seperti yang terlihat dalam kode program di atas. Untuk format penggunaan fungsi scanf bisa anda lihat pada topik selanjutnya mengenai penggunaan "fungsi scanf dalam Bahasa C".

Header "conio.h" yang terlihat dalam kode program di atas pada baris preporsesor directive #include, dalam bahasa C berguna untuk pengaksesan fungsi "getch()". Fungsi getch() berguna untuk mempause kan command prompt selama user tidak menekan sembarang tombol dari papan tuts, jadi kita bisa melihat hasil program yang telah kita buat. Apabila kita tidak menggunakan fungsi getch() ini, maka hasil program yang kita buat hanya terlihat sekejap mata saja karena command prompt akan langsung tertutup tanpa ada dalam hitungan 1 detik.

int main( ) merupakan fungsi utama dalam pengkodean program. Pada saat anda meng-compile program yang anda buat, pertama sekali compiler akan membaca dan menjalankan fungsi int main() sebelum menjalankan kode program yang telah anda buat. Jadi,sebelum anda mulai mengetik kode program anda, anda harus terlebih dahulu mendeklarasikan fungsi utama program anda.

Kode program dapat di tulis di antara kurung kurawal "{ deklarasi kode } ". Dalam penulisan kode program, anda harus benar-benar teliti. Karena salah titik koma, atau jika ada tanda yang belum di tutup, maka program akan error dan tidak dapat dijalankan.



Semoga Bermanfaat!!!

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini