13 August, 2012

Vector Implementasi Array Dinamis C++

Wadah vector merupakan implementasi array dinamis pada bahasa pemrograman C++. Berbeda dengan array biasa yang tidak bisa di deklarasikan tanpa ukuran dari data array nya, misalnya int data[10], array tersebut hanya mampu menampung sebanyak 10 buah data saja. Berbeda dengan "vector", vector di deklarasikan tanpa ukuran data yang mampu di tampungnya, yang artinya banyak elemen data bisa berubah kapan saja selama program di jalankan dan terjadi penambahan atau pengurangan elemen data pada vector.


Oleh karena itulah vector disebut sebagai implementasi dari "array dinamis", yang ukuran dari banyak datanya bisa diketahui ketika proses program terakhir dilaksanakan.

Deklarasi vector ialah sebagai berikut.

 vector <tipe_data> nama_variabel;

 vector <int> kumpulanBilangan; 



Mengenai penyimpanan data pada vector, secara otomatis vector sudah mengatasi secara langsung secara otomatis. Jadi, pemrogram tidak perlu cemas memikirkan cara untuk menggeser index elemen yang telah dihapus atau index elemen yang baru ditambahkan ke dalam vector.
Untuk lebih jelas lagi pengimplementasiannya ke dalam program, mari lihat kode program untuk vector C++ di bawah ini.

Oke teman-teman, di lain kesempatan saya akan menyapa teman-teman kembali dalam pembahasan pemrograman dengan bahasa C/C++ dengan topik yang berbeda.
Salam, kodeprogramcpp.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini