16 July, 2012

Dasar Pemrograman C

Selamat datang di blog kodeprogramcpp. Pada kali ini saya ingin berbagi satu pengetahuan kepada teman-teman sekalian mengenai Dasar Pemrograman C. Dasar pemrograman ini perlu dan harus kita ketahui bersama sebelum kita melanjutkan lebih lanjut mempelajari bahasa pemrograman C. Seperti istilah "Kenal maka sayang, tak kenal maka tak sayang", oleh karena itu saya ingin teman-teman sekalian mengetahui terlebih dahulu fungsi dasar yang terdapat pada C untuk membuat program C yang paling sederhana.

Kalo begitu, langsung saja kita ke topil pembahasan utama. Silahkan teman-teman lihat kode program C yang ada di bawah ini.


Penjelasan dari kode program di atas :
File Judul (header)
Pada kode program bahasa C di atas, saya menggunakan file judul (header) stdio.h dan conio.h, kedua header ini merupakan header umum yang digunakan dalam membuat program C. File judul (header) stdio.h di deklarasikan agar kita bisa menggunakan fungsi yang terdapat pada file judul tersebut. Fungsi yang terdapat di dalam file judul stdio.h adalah fungsi printf dan fungsi scanf. Mengenai kedua fungsi ini akan saya jelaskan di point berikutnya. File judul conio.h di deklarasikan untuk menggunakan fungsi getch yang ada di dalam file judul conio.h.
printf dan scanf
Fungsi printf ialah untuk menampilkan keluaran ke layar console, keluaran dapat berupa literal string maupun proses penugasan ataupun yang lainnya. Sedangkan fungsi scanf ialah untuk menerima sebuah masukan yang diberikan oleh user melalui papan tuts atau keyboard, dimana masukan yang diberikan harus sesuai dengan tipe data suatu variabel yang telah di deklarasikan sebelumnya.
Kode Format
Kode format ("%d, %i, %f, %c") menunjukkan format dari variabel yang akan ditampilkan. Pada contoh di atas terdapat kode format "%d" untuk menunjukkan tipe dari variabelnya adalah numerik integer (nilai bulat yang dideklarasikan dengan kata kunci int
Literal string
Literal string adalah suatu konstanta string yang mempunyai bentuk yang tetap dan akan ditampilkan sesuai dengan apa yang ditulis. Seperti pada contoh di atas, "Bilangan Anda : " , yang akan ditampilkan ke layar merupakan literal string.
Escape Character
Karakter escape merupakan suatu konstanta karakter yang ditulis dengan diawali oleh garis miring (sering juga disebut dengan konstanta karakter garis miring). Karakter escape "\n" yang dipakai di fungsi printf() digunakan untuk menggeser posisi kursor turun satu baris kembali ke kolom pertama (garis baru).

Oke teman-teman, sekian dulu untuk postingan kali ini. Di lain waktu saya akan menyapa teman-teman lagi, dengan topik yang berbeda tentunya.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

4 comments:

  1. maksih mas sngat mmbantu tutorialnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas.
      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.. :)

      Delete
  2. keren banget nih..ane lagi belajar Ceplusplus Bang....makasiha tas tutorialnya..

    ane ctrl D

    ReplyDelete

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini