06 April, 2012

Mengurutkan Data Dengan C++

Selamat datang di blog kodeprogramcpp. Pada postingan kali ini saya akan mencoba membuat postingan bagaimana mengurutkan data dengan C++. Pengurutan data yang akan coba saya berikan disini ialah "mengurutkan data dari yang terkecil sampai data yang terbesar", dan "mengurutkan data dari data yang terbesar hingga terkecil", jadi ada 2 metode pengurutan data yang akan teman-teman peroleh pada postingan ini.

Algoritma pengurutan data dengan metode PSEUDOCODE :
  1. n <- bilangan
  2. UNTUK i = 0
  3. MASUKKAN data[i]; ULANG SELAMA i<n; UNTUK a = 0 UNTUK b = n-1 JIKA data[b]<data[b-1] MAKA TUKAR data ...... AKHIR JIKA b--; AKHIR UNTUK TAMPILKAN data[i] ; a++; AKHIR UNTUK
  4. KELUAR
Untuk kode program bahasa C++ nya, dapat teman-teman lihat pada form di bawah ini.



Jika contoh kode program di atas kita eksekusi, maka hasil yang ditampilkan seperti gambar di bawah ini

Mengurutkan data dengan C++
Sekian dulu ya teman-teman untuk kali ini, semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua dalam mempelajari Bahasa C++.
Oke, Salam kodeprogramcpp

40 comments:

  1. nice. bro ada kode bikin pengulangan angka
    1
    12
    123
    dst...

    ReplyDelete
  2. Kalo buat keluaran seperti itu, mainin aja di perulangan nya bro.. batas bilangan nya set di kontrol perulangannya sesuai batas bilangan yang di input. Oke bro? :)

    ReplyDelete
  3. mas, saya coba berkali yang diurut turun gak bisa. coba cek, apakah ada kesalahan di program mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Source code program yang saya berikan di atas itu sepertinya sudah benar mas, karena source code tersebut sudah saya uji terlebih dahulu sebelum saya posting ke blog, dan output programnya juga ada di atas kok mas. Coba mas cek sekali lagi, siapa tau mas ada salah edit source nya atau mas pake IDE apa untuk mengeksekusi kode program tersebut?

      Delete
  4. bang, ini pengurutan pake pointer ?

    ReplyDelete
  5. bang, ini pengurutan pake pointer ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Kenny ritchie : Tidak.. Saya tidak ada mendeklarasikan pointer atau menggunakan pointer pada kode program di atas. Masih pengurutan dasar kok.. :)

      Delete
  6. Saya punya3 buah data siswa mas

    No Nama Nilai
    1 achmad 90
    2 rachmad 80
    3 swara 85

    untuk mengurutkan dari nilai terbesar ke terkecil dengan nama yang sesuai itu bgaimana yaa mas ??
    mohon pencerahannya ..

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  7. programnya failed
    error 2 warning 1
    error line 8 dan 58
    warning line terakhir 59
    coba deh mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya menggunakan IDE CodeBlocks untuk menulis dan melakukan compile program, jika mas menggunakan borland, mungkin itu penyebab error nya mas.. :D

      Delete
  8. bro, kok gk bisa di compile ya?
    katanya system was not declare in this scope..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu compile nya pake IDE apa bro? Kalo pake IDE Code::block, hapus aja script yang System("pause") nya. karna kemarin saya menggunakan Dev-C++ untuk buat ini.. :D

      Delete
  9. Replies
    1. tmp itu variabel penampung sementara. Itu digunakan ketika kita ingin melalkukan pertukaran nilai diantara dua variabel. tmp atau variabel sementara sangat membantu untuk melakukan pertukaran nilai diantara dua variabel. Kira-kira seperti itu. :D

      Delete
  10. kalo diganti tmp nya diganti variabel lain bisa ga bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja bisa, itu hanya penamaan variabel doang kan? :D
      Kalau penamaan variabel, tu sih terserah kita nama variabelnya apa, tetapi pada umumnya variabel sementara itu diberi nama dengan tmp / temp. Variabel tmp / temp itu singkatan dari "temporary" (dlm bahasa inggris). :D Pada umumnya orang-orang gunakan penamaan ni ntuk variabel smentara agar gampang dimengerti. Tapi, kembali pada diri kita juga sih. :D

      Delete
  11. mas rolong coding REKRUFIR untuk Metode PEngurutan DengaN mENGGunakan Faktorial

    ReplyDelete
  12. gan kan kita inputin ararynya terus pingin tau posisinya yg tadi kita inputin dibaris atau kolom keberapa tapi juga melalui inputan kalau ndak sesuai yg tadi kita inputkan salah gitu gimana? pakek borland c++ gan

    ReplyDelete
  13. gan kan kita inputin ararynya terus pingin tau posisinya yg tadi kita inputin dibaris atau kolom keberapa tapi juga melalui inputan kalau ndak sesuai yg tadi kita inputkan salah gitu gimana? pakek borland c++ gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang dapat di lihat pada contoh kode program di atas, untuk mengisikan nilai ke array -> data[i]. variabel i, menyatakan posisi indeks dari suatu array yang akan diisikan. Jadi, kalau mau mengetahui sekarang ada di posisi berapa, tinggal tampilkan aja nilai yang ditampung variabel i. Begitu kira-kira.. :D

      Delete
  14. Gan kan kita inputin ararynya terus pingin tau posisinya yg tadi kita inputin dibaris atau kolom keberapa tapi juga melalui inputan kalau ndak sesuai yg tadi kita inputkan salah gitu gimana? pakek borland c++ gan

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. Itu maksudnya hitung = 1; Untuk menghitung iterasi untuk mendapatkan posisi pada saat akan melakukan pertukaran data. Namun, tanpa variabel itu pertukaran data dapat dilakukan lebih sederhana. Jadi, abaikan atau hapus saja variabel htg tersebut. :D

      Delete
  16. for(int a=0; a=a; b--)
    {
    if(angka[b]<angka[b-1])
    {
    pen=angka[b];
    angka[b]=angka[b-1];
    angka[b-1]=pen;

    om om yang ini bisa dijelasin pake bahasa manusia gak om , yang simpel aja , saya gagal paham :D

    ReplyDelete
  17. mas hendro kalau mengurutkan bilangan angka kurang dari 100 dar terbesar ke terkecil

    ReplyDelete
  18. mas hendro kalau mengurutkan biangan kurang dari 100 dari terbesar ke terkecil bagaimana coding nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aulia Tiara, kamu tinggal menentukan batas bilangannya pada variabel byk. Jadi, isi variabel byk dengan n. (Misal: byk = 99;)
      Dengan begitu, kamu sudah membuat pengurutan bilangan yang kurang dari 100.
      Selamat mencoba..
      Maaf telat balasnya.. :D

      Delete
    2. mas include iomanip gunanya buat apa ?

      Delete
    3. iomanip digunakan untuk input/output manipulators. Contoh kecilnya, dengan menyertakan iomanip, kita dapat menyisip spasi-spasi sebelum atau sesudah variabel yang akan ditampilkan dengan fungsi "setw", kita juga bisa menggantikan spasi-spasi tersebut dengan karakter yang ingin kita berikan, dengan menggunakan fungsi "setfill".
      Ada beberapa lagi, namun keseluruhan dari pustaka iomanip tidak dibahas secara detil disini.
      Kira-kira seperti itu.. :D

      Delete
    4. Selamat siang mas, saya mau bertanya, bagaimana caranya menggunakan perulangan untuk memecah koin example :

      Input koin 10,7,1 nah yang mau ditukar adalah 15
      jawabane ada beberapa kemungkinan spt :
      10+1+1+1+1+1 jadi ada 6 koin
      7+7+1 ada 3 koin
      1+1+1+1+1+1+1+1+1+1+1+1+1+1+1 ada 15 koin

      nah setelah di npecah lalu dibandingkan dari 6 koin 3 koin dan 15 koin, spolusi optimalnya yang mana, dan greedy yang mana.
      ada solusikah untuk codingannya?


      terimakasih sebelunya

      Delete
  19. mas hendro mengurutkan bilangan kurang dari 100 dari terbesar ke terkecil bagaimana codingnya

    ReplyDelete
  20. kalo datanya banyak lebih dari 1000 data bisa di upload ngk

    ReplyDelete
  21. kok malah di hapus system ("pause"); tapi malah yg turunnya g keluar bilanagannya...trus yg naik malah berantakan nilainya g urut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika system("pause"); dihapus, kita tidak bisa melihat hasil keluaran dari program mas, begitu program selesai melakukan proses, console (command prompt) window akan segera tertutup secara otomatis, jadi kita tidak bisa melihat hasil keluaran program tersebut. Mungkin itu yang menyebabkan terjadinya kesalahan pada percobaan yang mas lakukan. Coba deh system("pause"); nya jangan dihilangin, pasti hasilnya akan seperti screenshot diatas mas.
      Salam..

      Delete
  22. mas, program data urut turunnya tidak bisa

    ReplyDelete
  23. Nice mkasih gan.
    Kalo untuk flowchart.y yg ini gmna gan..

    ReplyDelete
  24. Gan kalo untuk flowchart.y ini gmna.
    Terimakasih.

    ReplyDelete

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini