08 January, 2012

Scanf dalam bahasa C

Pada kesempatan kali ini, saya akan memuat postingan mengenai penggunaan fungsi scanf dalam menerima inputan data dari stream keyboard yang diberikan oleh user (pengguna) dalam bahasa c. Format penggunaan fungsi pustaka scanf terdiri dari dua format penulisan, yaitu untuk data bertipe integer dan data bertipe atau berformat karakter / string. Untuk format penulisan dalam menerima atau menangkap data bertipe integer, float, double (bilangan), format penulisannya adalah sebagai berikut:
scanf("kode_format", &nama_variabel);
Sedangkan untuk format penulisan dalam menerima atau menangkap inputan data bertipe char, adalah sebagai berikut: scanf("kode_format", nama_variabel); Kode format haruslah sesuai dengan tipe data yang kita gunakan, yang telah kita deklarasarikan sebelumnya. Untuk tipe data integer, kode formatnya %d dan %i, anda bisa menggunakan salah satu kode format tersebut, untuk tipe data pecahan (floating-point) kode formatnya adalah %f.

Menerima Inputan Bilangan

Seperti yang telah diuraikan di atas dan dengan melihat format penulisan fungsi scanf dalam menerima inputan (bilangan) dari user, kita harus menyertakan operator alamat & tepat sebelum nama variabel yang telah kita deklarasikan. Hal ini dilakukan dikarenakan, pada dasarnya fungsi scanf menerima sebuah alamat untuk disimpan, bukan sebuah nilai yang sebenarnya. Oleh karena itu, ketika bekerja dengan scanf dan tujuannya adalah untuk menerima data bilangan, jangan lupa untuk menyertakan operator alamat. Jika Anda belum mengetahui apa itu atau bagaimana operator alamat itu, Anda tidak perlu cemas dan khawatir. Karena pembahasan mengenai penggunaan operator alamat akan ditemukan pada topik pointer.

Menerima Inputan Deretan Karakter (String)

Sama seperti yang telah diuaraikan di atas dan berdasarkan format penulisan fungsi scanf pada bahasa c dalam menerima inputan karakter / string, kita dapat melihat bahwasanya kita tidak perlu menyertakan operator alamat seperti yang kita lakukan ketika bekerja dengan fungsi scanf dalam menerima inputan bilangan. Mengapa berbeda? Hal ini dikarenakan, deretan karakter atau string pada bahasa c merupakan semi pointer. Anda tidak perlu bingung dengan ini, cukup lanjutkan pembahasan saja, sebab nanti juga akan menemukan pembahasan ini pada tahap lebih lanjut. Tetapi jika ingin mengetahui sekilas, Anda bisa membacanya di Aritmatika Pointer Bahasa C.
Untuk implementasi kegunaan fungsi scanf dalam kode program C yang telah diuraikan di atas, Anda dapat melihat dan mempelejari kode program di bawah ini.


Video Tutorial Scanf Bahasa C

Untuk video tutorial dalam penggunaan fungsi scanf dalam bahasa c pada postingan ini, dapat dilihat di bawah ini.



Penutup

Jika terdapat kekurangan dan tutur kata yang kurang baik, mohon dimaafkan dan jika tidak keberatan mohon menuliskan satu dua kata mengenai postingan ini, baik kritik atau saran agar kedepannya dapat membantu penulis dalam meningkatkan mutu postingan dan pembahasan tentunya. Terima kasih. :)

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini