03 April, 2015

Windows serasa Linux dengan Cygwin

Sistem operasi Windows serasa Linux dengan cygwin. Cygwin merupakan sebuah alat yang dapat membuat kita seakan sedang berjalan di distribusi Linux pada sistem operasi Windows. Ya, "cygwin" dibuat untuk para pengguna sistem operasi windows yang ingin merasakan sekumpulan fungsionalitas yang digunakan oleh para pengguna distribusi Linux (Slackware, Ubuntu, Fedora, Blankon, dll).

Fungsionalitas apa saja yang dapat kita nikmati? Hal mendasar yang dapat dinikmati ialah kita dapat menjalankan perintah-perintah yang terdapat pada sistem operasi Linux berjalan di sistem operasi windows dengan bantuan cygwin ini. Perintah pemrosesan teks (seperti : filter, head, tail, sed, filter chains) yang tidak dapat dinikmati dilingkungan windows dapat kita nikmati dengan bantuan alat ini. Cygwin juga menyediakan POSIX API's untuk dapat digunakan dilingkungan windows.

Install cygwin pada Windows

Sebelum dapat menggunakan tools ini, terlebih dahulu kita harus memiliki program installer yang dapat kita peroleh di setupCygwin. Setelah installer selesai di unduh, jalankan program installer untuk memulai proses instalasi cygwin di sistem operasi windows Anda. Disarankan untuk menggunakan fasilitas Wi-Fi saat instalasi, karena nanti paket-paket yang akan di unduh ukurannya besar (>650MB), jadi dibutuhkan internet yang sedikit kencang untuk proses ini. :D
Jendela proses instalasi awal akan terlihat seperti gambar berikut.



Klik Next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.


kodeprogramcpp - cygwin setup


Gambar di atas merupakan pilihan metode yang disediakan untuk memperoleh paket-paket yang akan kita gunakan. Karena sebelumnya kita belum pernah melakukan instalasi cygwin di sistem operasi windows kita, maka metode pertamalah yang akan digunakan. (klik next untuk melanjutkan)



Gambar di atas merupakan tahapan pemilihan direktori dimana cygwin kita ini nantinya diletakkan. Biarkan saja, tidak usah diganggu gugat. Tetapi jika ingin mengubah direktori penyimpanan, Anda bebas menentukan. Asal tidak di dalam direktori C:\Program Files\. (klik next untuk melanjutkan)

Local package directory

Local package directory (direktori lokal paket) merupakan tempat penyimpanan segala paket-paket yang akan kita download (unduh) dan ingin kita gunakan nantinya. Untuk lokasi penyimpanan package yang akan di unduh oleh cygwin, kita dibebaskan untuk memilih di direktori mana yang akan dijadikan sebagai direkotri penyimpanan, tetapi dengan satu syarat, kita tidak diperbolehkan menempatkan package di folder utama cygwin. Mengapa? Direktori lokal package ini hanya sementara saja, setelah seluruh proses instalasi selesai dilakukan, direktori lokal ini tidak lagi dibutuhkan, jadi Anda dapat menghapus direktori ini.

Langkah selanjutnya ialah pemilihan koneksi internet yang akan digunakan. Gunakan pilihan "Use Internet Explorer Proxy Settings". (klik next untuk melanjutkan)



Gambar di atas merupakan tahapan pemilihan website yang akan kita gunakan sebagai sumber untuk memperoleh paket-paket yang kita butuhkan. Untuk informasi detil paket yang tersedia, dapat dilihat pada halaman ini Mirror Site. Setelah selesai memilih, klik next untuk melanjutkan proses.

Silahkan tunggu, hingga proses koneksi mirror site berhasil dan Anda akan dihadapkan dengan proses pemilihan paket-paket yang akan di pasangkan untuk Anda gunakan nanti.



Jika kita ingin memasang GCC/G++, MinGW, automake, cmake, kita dapat memilih kategori devel (seperti yang terlihat pada gambar di atas). Jika Anda ingin menikmati GNOME desktop, Anda dapat memilih kategori "GNOME" yang tertera. Kategori Text Editor, merupakan pilihan untuk melakukan instalasi teks editor (Emacs, GVIM, dsb). Klik teks "Default" untuk mengubah ke pilihan "Install" (seperti yang terlihat pada gambar di atas). Anda bebas memilih paket-paket mana saja yang ingin Anda install, klik tanda "+" untuk melihat detil dari kategori paket yang tersedia. Jika Anda ingin melihat informasi mengenai paket yang tersedia, Anda dapat menggunakan halaman ini sebagai bahan panduan pemilihan Package List.

Setelah Anda selesai memilih paket mana yang akan diinstall, klik next untuk melanjutkan proses instalasi.

Jika keseluruhan proses instalasi selesai, Anda dapat mencoba menjalan "Cygwin Terminal" yang ada di sistem operasi Windows Anda dan memulai mencoba menjalankan perintah-perintah linux yang ingin Anda coba jalankan.

catatan :
Apakah kita juga dapat menjalankan aplikasi-aplikasi bawaan distribusi Linux di sistem operasi Windows dengan cygwin? Jika kita ingin menjalankan aplikasi-aplikasi yang pada awalnya dirancang untuk berjalan di lingkungan linux, kita harus mengkompilasi ulang kode program aplikasi tersebut agar dapat berjalan dengan baik di sistem operasi windows.

Menjalankan Perintah Linux dengan CMD

Menjalankan perintah-perintah Linux dengan cmd (command prompt) windows? Hal ini hanya akan dapat Anda lakukan jika Anda sudah memasang cygwin pada windows Anda. Lalu bagaimana caranya? Setelah Anda selesai melakukan instalasi "cygwin", tambahkan path direktori "C:\cygwin64\bin" (path direktori cygwin pada komputer saya) ke "Enironments Variables", agar command prompt juga dapat menggunakan apa yang ada di direktori "\bin" cygwin tersebut. Setelah Anda selesai menambahkannya, silahkan lakukan uji coba perintah-perintah linux pada command prompt Anda.

Mengapa menyalin path direktori cygwin ke environments variables? Setelah melakukan instalasi cygwin, saya menjalankan perintah gvim pada "cygwin terminal" yang telah saya install sebelumnya, namun cygwin tidak mengenalinya karena "gvim" merupakan aplikasi yang saya install di direktori "C:\Program Files\", dan itu memerlukan hak akses untuk dapat menjalankannya. Kemudian saya menjalankan perintah javac, dan cygwin mengenalinya. Kemudian saya berpikir mengapa "javac" bisa dikenali sementara "gvim" tidak? Saya lalu ingat, bahwa saya pernah menambahkan "\java\bin" ke pengenal path pada "Environments Variable".  Dari situlah awalnya saya mencoba menambahkan path direktori "C:\cygwin64\bin" ke bagian "Path" pada environments variable. (wah jadi curhat... :D)

Penutup

Demikianlah untuk postingan kali ini. Semoga postingan ini dapat bermanfaat kepada teman-teman yang ingin menikmati sisi pemrograman di linux pada sistem operasi windows tanpa harus melakukan instalasi sistem operasi distribusi Linux. Salam!!!

11 comments:

  1. selamat malam bang, kalau kita udah kasi perintah tapi perintah nyak ditolak, gimana tuh bang? terimakasih

    ReplyDelete
  2. malam bang, kalau misalnya kita udah kasi perintah tapi ditolak gimana terus bang? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Putu: Perintah apa yang ditolak mbak? Apakah mbak sudah memastikan package untuk perintah tersebut sudah di install di komputer mbak?

      Delete
  3. mau tanya bang knapa penggunaan \ harus dirubah jadi /
    misalkan keita mau ke posisi folder data D:\data\dataku
    nah di cywin hrs dirubah jadi D:/data/dataku
    minta pencerhannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena cygwin itu diibaratkan dengan UNIX yang berjalan di windows, jadi format yang digunakannya juga harus sesuai dengan aturan main di sistem UNIX. :D

      Delete
  4. I have read several just right stuff here.
    Definitely price bookmarking for revisiting.
    I surprise how much attempt you put to make such a fantastic informative website.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for your feedback.. I'm so glad to hear that. And sorry for very late response.
      Regards..

      Delete
  5. mau tanya bang , download cygwin ori yg bajakan dimana ya bang ? pliss banget bang buat tugas sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada postingan di atas sudah disertakan link untuk unduh cygwin nya. Lihat pada sub bagian yang berjudul "Install cygwin pada Windows". Di sub bagian tersebut ada link unduh cygwin untuk windows, setupCygwin (tulisan yang bercetak biru).
      Semoga berhasil. :)

      Delete
  6. kok di cygwim beda yah sama di debian,, gabisa apt-get install langsung... jadi kalo ada packages yg belum ke install harus ngulang semua dari awal lagi,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups.. Benar.. Karena cygwin hanyalah sebuah "jembatan" untuk menikmati sekelumit library & API GNU-LINUX di lingkungan sistem operasi windows. Jadi kita tidak bisa menikmati tools-tools pamungkas, seperti apt-get, dan lainnya.

      Delete

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini