15 December, 2014

Memahami Variabel Dalam Pemrograman

Berbicara tentang membuat program, baik dalam bahasa C/C++ ataupun bahasa pemrograman lainnya, tentu saja ada beberapa bagian yang diperlukan agar program dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan keluaran dengan benar. Diantara beberapa bagian tersebut, yang akan dibahas disini ialah variabel. Pada postingan ini akan berfokus pada pendefenisian dan kegunaan variabel, pendeklarasian variabel, dan inisialisasi variabel.


Defenisi dan Kegunaan Variabel

Defenisi variabel dalam Pemrograman ialah penanda atau penamaan suatu hal atau suatu nilai yang memberikan suatu arti kepada pemrogram dan memory. Hal ini dirasakan sewaktu memori melakukan
interaksi terhadap suatu variabel saat proses komputasi terhadap program berlangsung. Sedangkan bagi pemrogram, hal ini dapat dirasakan saat ingin melakukan interaksi dengan suatu variabel saat proses pengembangan aplikasi atau program dilangsungkan.

Layaknya seperti Manusia yang memiliki tipe jenis kelamin (Laki-laki / Pria), suatu variabel juga memiliki tipe data yang harus dispesifikasikan saat pendeklarasian variabel dilakukan. Untuk tipe data yang dapat dispesifikasikan terhadap suatu variabel, kita dapat memilih dari antara tipe data yang tersedia. Diantaranya,
  1. int
  2. short int
  3. long int
  4. unsigned
  5. float
  6. double
  7. char
  8. byte
  9. string
  10. ...

Kegunaan dari suatu variabel ialah untuk "menampung suatu data atau suatu nilai agar ketika kita membutuhkan data atau nilai tersebut , kita dapat mengambil kembali nilai yang kita butuhkan dengan cara memanggil si variabel penampung nilai tersebut". Dari sinilah penamaan sebuah variabel terlihat jelas perannya.

Deklarasi Variabel

Dari penjelasan yang telah diuraikan di atas, terlahirlah proses "deklarasi variabel". Proses deklarasi variabel ditandai dengan, ketika kita memberikan nama dan tipe data kepada sebuah variabel. Untuk contohnya, dapat dilihat seperti di bawah ini.
  int bilangan;
  char suatuKarakter;
  float bilanganPecahan
  char deretanKarakter[20];
  int *alamatBilangan;
  ...

Untuk "penamaan sebuah variabel", haruslah mengikuti aturan penamaan yang ada di Bahasa Pemrograman yang akan digunakan. Aturan penamaan sebuah variabel pada umumnya sama pada setiap bahasa pemrograman, yaitu nama variabel tidak boleh sama dengan kata kunci yang terdapat pada bahasa pemrograman. Kata kunci yang dimaksud misalnya "switch, case, go, enum, static, struct, dsb". Kata kunci ini dikenali oleh si compiler sebagai perintah untuk melakukan suatu tugas komputasi, dan kegunaan lainnya yang telah dirancang oleh si pembuat bahasa. Untuk itulah mengapa kita dilarang menggunakan kata kunci ini sebagai penamaan terhadap variabel yang kita deklarasikan, dan agar nantinya tidak terjadi kesalahan.

Inisialisasi Variabel

Inisialisasi variabel ditandai dengan pemberian sebuah data atau nilai kepada sebuah variabel yang telah dideklarasikan sebelumnya. Proses inisialisasi dapat dilakukan dengan cara berikut:
  1. Ketika proses pendeklarasian variabel
  2. Melalui stream (keyboard, fileText)
  3. Melalui proses komputasi
  4. Melalui pengembalian nilai dari fungsi

Oke, keseluruhan penjelasan di atas akan di implementasikan pada kode program bahasa c di bawah ini

Untuk hasil keluaran dari kode program bahasa c di atas, dapat dilihat pada screenshoot di bawah ini.
Deklarasi - Inisialisasi Variabel

Penutup

Demikianlah untuk postingan kali ini mengenai memahami penggunaan fungsi fgets dalam menginput data. Jika terdapat kekurangan dan tutur kata yang kurang baik, mohon dimaafkan dan jika tidak keberatan mohon menuliskan satu dua kata mengenai postingan ini, baik kritik atau saran agar kedepannya dapat membantu penulis dalam meningkatkan mutu postingan dan pembahasan tentunya. Terima kasih. :)

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini