22 November, 2014

Fungsi Call by Reference

Selamat datang di blog kodeprogramcpp, setelah sekian lama berdiam diri dengan tugas dan pekerjaan, pada kali inilah penulis memiliki waktu luang kembali untuk berbagi pembelajaran mengenai pemrograman Bahasa C/C++. Pada kali ini, penulis ingin mengajak teman-teman untuk memahami bagaimana mengubah nilai suatu variabel dengan menggunakan fungsi, yang pada dasarnya kita ketahui di bahasa C/C++ bahwa segala sesuatu variabel yang diberikan ke dalam suatu fungsi itu di passing dengan cara Call by Value, pembahasan mengenai Call by Value bisa di akses melalui link berikut Call by Value.

Apa itu Call by Reference

Call by Reference merupakan metode untuk mempassing paramater ke dalam fungsi. Yang membedakan dengan Call by Value ialah, pada "Call by Reference",
kita memberikan alamat dari variabel yang ingin kita berikan ke si fungsi untuk diproses. Mengapa memberikan sebuah alamat penyimpanan si variabel ke fungsi? Dari nama metode yang kita gunakan ini kita dapat mengetahui alasannya, di metode ini kita mereferensikan variabel yang ingin kita proses ke si fungsi, dengan cara memberikan alamat si variabel yang ingin kita proses ke si fungsi. Oleh karena itu, agar fungsi kita bisa menjalankan tugas nya dengan baik dan sesuai dengan metode yang digunakan, ktia harus mendeklarasikan variabel pointer pada saat kita membuat si fungsi, untuk tipe data dari si variabel pointer ini disesuaikan dengan kebutuhan dari program yang kita buat. Jika masih penasaran dengan apa itu pointer, boleh membaca sejenak postingan mengenai dasar pointer di postingan Pengantar Pointer yang sudah penulis publikasikan sebelumnya.

Untuk pendeklarasian fungsi, dapat dilihat contoh fungsi di bawah ini

void fungsiTambah(tipe_data *namaVariabel) {
   //proses komputasi
}

Dari contoh pendeklarasian fungsi di atas, pada bagian parameter, di deklarasikan sebuah variabel pointer, variabel pointer ditandai dengan tanda * yang diletakkan di sebelah kiri nama variabel (seperti pada fungsi di atas). Untuk jumlah paramater yang di tampung fungsi, terserah pada kebutuhan kasus pada program kita sendiri.

Daripada berlama-lama koar-koar, mari langsung kita lihat contoh kode program fungsi Call by Reference pada C/C++ berikut ini.




Pembahasan

Pada kode program di atas, penulis mendeklarasikan dua buah fungsi, setiap fungsi memiliki kegunaannya masing-masing. fungsi tambahSepuluh memiliki sebuah argumen / parameter yang akan menampung variabel pointer dengan tipe data integer. Sedangkan pada fungsi ubahChar memiliki sebuah parameter yang menampung sebuah variabel pointer dengan tipe data char .

Di dalam fungsi main(), penulis memanggil kedua fungsi yang sudah di deklarasikan sebelumnya dengan mempassing sebuah variabel yang akan diubah nilainya melalui proses yang dilakukan di dalam fungsi tambahSepuluh dan ubahChar. Perhatikan, disitu kita menggunakan operator & untuk mengindikasikan bahwa kita sedang memberikan alamat dari si variabel di dalam memory ke si fungsi.

Penutup

Akhir kata, demikianlah untuk pembelajaran kali ini mengenai Fungsi dengan metode Call by Reference pada bahasa C. Untuk pembahasan selanjutnya, akan penulis publikasikan pada saat waktu yang senggang. :) Jika teman-teman kodeprogramcpp memiliki ide mengenai materi apa yang akan dibahas selanjutnya, teman-teman dapat menuliskannya di bahagian komentar atau pada halaman yang sudah saya buatkan khusus untuk hal ini di Ajukan Materi.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini