02 October, 2014

Belajar Bahasa Pemrograman Bukanlah Belajar Pemrograman

Pada kali ini saya ingin memberikan sebuah rahasia terbesar dari pertanyaan "Bagaimana agar memahami pemrograman itu  dan memahami bahasa pemrograman itu?". Pertanyaan seperti itu sangat sering saya dengar dan lihat dalam grup bahasa pemrograman di beberapa media sosial, di kehidupan sehari-hari, dan di blog ini. Oleh karena itu, pada kali ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Meskipun, dari segi keahlian , keuletan dan pengalaman dalam pemrograman saya belum berhak menjawab pertanyaan tersebut yang begitu membuat banyak orang lumayan pusing.


Sebelum saya memulai membahas pertanyaan tersebut, saya ingin menekankan bahwa "Belajar Bahasa Pemrograman itu tidak sama dengan Belajar Pemrograman". Apakah teman-teman menerima statemen yang saya tuliskan tersebut? Jika ya, maka saya sangat berterima kasih. Jika tidak, maka mari lihat penjelasan berikut ini dan pikirkan kembali mengenai pernyataan tersebut di atas. :)
Semoga penjelasan berikut dapat memperlega pikiran dan hati kita masing-masing. :D

Belajar Bahasa Pemrograman

Belajar bahasa pemrograman itu seperti kita mempelajari bahasa Inggris, seperti negara lain mempelajari Bahasa Indonesia. Coba pikirkan sejenak, apa hubungannya? :D
Tentu saja, jika kita ingin mahir dalam berbahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris, kita harus mengerti terlebih dahulu pengertian, maksud dan tujuan dari kosa kata yang terdapat pada bahasa Indonesia, dan pola kalimat untuk membentuk suatu kalimat dari bahasa tersebut, agar kita dapat berbicara dengan menggunakan bahasa tersebut secara baik dan sesuai dengan Ejaan yang telah disempurnakan. :)
Jika kita melakukan perbincangan terhadap warga negara asing dan pemahaman kita terhadap kosa kata dan pola pembentuk kalimat terhadap bahasa Inggris masih amburadul, maka perbincangan kita akan menjadi mimpi buruk yang pernah ada karena terjadinya perbincangan yang sangat singkat dan menyakitkan. Mengapa tidak? Si lawan bicara kita tidak mengerti dengan apa yang kita sampaikan, dan si lawan bicara kita itu hanya tersenyum jengkel dan pergi berlalu begitu saja dari hadapan kita.

Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk melakukan interaksi kepada komputer (spesifiknya itu ialah CPU, CPU yang menjadi lawan interaksi kita) dengan cara pemrograman. Nah, jika kita tidak mengerti bahasa yang dimengerti oleh si CPU, mustahil kita dapat berinteraksi dengan si CPU dan memberinya perintah-perintah yang harus dikerjakan. Untuk itulah, kita harus mempelajari bahasa pemrograman. Trus, caranya gimana? Lah, kan sudah disebutkan di atas, sama seperti bagaimana agar kita mahir dalam bahasa Inggris, seperti itu jugalah dalam mempelajari bahasa pemrograman ini, kita harus mengerti dan memahami penggunaan kosa kata yang tersedia, memahami pola pembentukan atau penulisan kalimat yang ada dari bahasa tersebut.


Belajar Pemrograman

Belajar Pemrograman itu ialah belajar bagaimana membuat sebuah program dengan bahasa pemrograman yang sudah kita pahami. Itu pengertian dasar belajar pemrograman dan paling mendasarnya. :)  Jika dikaitkan kedalam kehidupan sehari-hari, bagaimana caranya memasak nasi, ikan, dan sayur. :D Oke, kembali ke keyboard.. :) Dalam belajar pemrograman inilah kita menggunakan bahasa pemrograman yang sudah kita pelajari, menggunakan algoritma dan struktur data yang telah kita ketahui dan pahami untuk berinteraksi dengan si CPU. Kembali ke aliran luar, agar nasi, ikan dan sayur yang dimasak itu enak dan nikmat dikonsumsi, maka dibutuhkan tips, trik dan teknik. Begitupula dalam belajar pemrograman, agar program kita itu bisa menyelesaikan sebuah permasalahan, maka dibutuhkan tips, trik dan teknik, yaitu si algoritma dan struktur data. Ini pengertian dari pemrograman tingkat menengah ke atas, pemula juga boleh sih, kadang-kadang. Ceile.. :D

Yang paling ditekankan dalam belajar pemrograman ini ialah, bagaimana kita mengolah instruksi yang akan kita berikan kepada si CPU, agar si CPU bisa menjalankan perintah kita dengan baik dan benar. Ribet bukan? Memang ribet, oleh karena itu mulailah praktekkan, maka Anda akan dapat mengerti apa yang tersembunyi dibalik isi dunia ini. :D

Penutup

Lakukan pembelajaran bahasa pemrograman dan pemrograman secara berurutan dalam waktu yang bersamaan, dan pelajari algoritma agar program yang kita buat dapat berguna bagi sesama dan pelajari teknik-teknik lainnya agar program kita menjadi lebih berguna lagi. :D
Sekian dulu untuk postingan kali ini, semoga ini dapat membantu meringankan beban kita bersama dalam menelusuri dunia pemrograman ini. :D Jangan lupa untuk memberikan kritik, saran dan komentarnya ya, agar kedepannya bisa lebih baik lagi.
Salam..

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini