01 September, 2014

Teknik Membalikkan Urutan Karakter Suatu Kalimat

Selamat datang di blog kodeprogramcpp. Pada kali ini penulis ingin memberikan sedikit trik tersendiri dalam "membalikkan urutan karater pada kalimat atau kata atau merotasi posisi tiap karakter pada suatu kalimat di dalam suatu array" tanpa memanfaatkan fungsi yang sudah disediakan oleh bahasa C, seperti reverse yang dapat digunakan untuk mempermudah proses dalam membalikan suatu kalimat yang diberikan oleh user atau pengguna. Asumsi yang akan diterapkan disini ialah bahwa bahasa pemrograman yang kita gunakan tidak memiliki fasilitas yang dapat digunakan
dalam mengolah kumpulan karakter, jadi kita harus membuat sendiri fasilitas tersebut, baik untuk mengetahui panjang dari suatu array sekalipun. Oke, mari mulai dengan algoritma terlebih dahulu, kemudian ke bagian inti dari postingan ini.,

Algoritma Pseudocode

Sebelum kita dapat membalikkan kalimat, tentunya kita harus tau terlebih dahulu berapa panjang dari kalimat tersebut. Untuk algoritma menghitung panjang dari suatu kalimat tentunya bukan suatu masalah kan?, jadi algoritma dan pembahasannya tidak akan diceloteh disini ya, yang akan dibahas disini hanya algoritma dari membalikkan kalimat saja. Oke, asumsi kita sudah memiliki variabel yang sudah berisi nilai, yaitu kalimat atau kata yang akan kita ubah susunannya.

  1. deklarasikan variabel temp
  2. deklarlasikan variabel i dan j (bebas)
  3. inisialisasi variabel j <- 0
  4. insisialisasi variabel i <- panjang_kalimat
  5. Saat i >= 0
    • Jika kal[i] != terminate '\0'
      1. salin temp[j] >- kal[i]
      2. tambahkan nilai j dengan 1
    • kurangkan nilai i dengan
  6. Letakkan terminate / null di akhir

Pembahasan dan Implementasi

Terminate '\0' atau null pada sebuah array, merupakan satu hal yang sangat penting. Karena, hal tersebut digunakan sebagai penanda akhir dari sebuah isi suatu array. Oke, algoritma psedocode di atas, diimplementasikan ke dalam sebuah fungsi yang akan kita gunakan saat ingin membalikkan kalimat atau merotasi posisi tiap karakter pada kalimat. Hasilnya dapat dilihat pada kode program di bawah ini.


Untuk hasil eksekusi dari kode program di atas, dapat dilihat pada gambar di bawah ini
Pembahasan dari tiap kode program di atas (selain fungsi) tidak akan dibahas disini, karna untuk mempersingkat waktu jam begadang dan agar pembahasan tidak terlalu panjang dan lari dari topik utama. Mungkin di lain waktu akan di bahas secara spesifik mengenai teks stream dengan getchar() dan sebagainya.

Penutup

Demikianlah akhir dari postingan kali ini, di lain waktu dan kesempatan penulis akan kembali lagi memberikan sesuat yang berbeda dan tentunya lebih menarik lagi pembahasannya dalam mempelajari bahasa pemrograman C/C++. Jangan lupa untuk memberikan komentar dan kritik/saran nya ya teman-teman kodeprogramcpp. 

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini