04 September, 2014

Hitung Frekuensi Kemunculan Huruf Besar dan Kecil Pada Kalimat

Pada postingan kali ini, penulis akan mencoba mengabulkan permintaan dari teman kita yang mengalami kesulitan dalam mengatasi problema dalam bahasa C tentang bagaimana caranya "menghitung jumlah huruf besar dan huruf besar dari sebuah kalimat yang diberikan melalui keyboard". Ilustrasinya ialah, kita disuruh menentukan berapa sih jumlah huruf besar dan huruf kecil dari suatu kalimat yang diberikan oleh user melalui keyboard jika kalimat yang diberikan tersebut tersusun atas kombinasi huruf besar dan huruf kecil?
Contoh kalimat yang diberikan seperti ini : "hUruF paDa kAliMaT inI koMBinasi".

Untuk menyelesaikan kasus ini, kita harus menentukan kondisi yang dapat mengenali huruf ini merupakan huruf besar atau huruf kecil. Untuk menentukan kondisi tersebut, ada dua cara yang dapat kita gunakan. Yang pertama ialah dengan pengkondisian huruf ke dalam bilangan desimal, dan yang kedua dengan pengkondisian huruf ke dalam karakter. Untuk pengkondisian ke dalam bilangan desimal, kita harus mengetahui terlebih dahulu huruf 'a' - 'z' di dalam bilangan desimal itu dari bilangan berapa hingga bilangan berapa, demikan juga sebaliknya untuk huruf 'A' - 'Z' untuk dapat membedakan karakter huruf besarnya. Sedangkan untuk cara kedua, kita tinggal menggunakan 'a' - 'z' dan 'A' - 'Z' saja dalam melakukan pengecekan. Lebih mudah cara yang kedua bukan?

Tapi untuk postingan kali ini, penulis akan menggunakan cara yang pertama. Mengapa? Disini, kita tidak akan menggunakan array untuk menampung inputan, kita akan menggunakan "stream input getchar()" untuk menangani inputan dari user. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa C tidak menyediakan fungsi khusus untuk menangani inputan dari keyboard, ada banyak fungsi yang dapat kita gunakan untuk menangkap inputan dari keyboard, semua fasilitas yang berada di dalam stdin (standard input system) dapat kita gunakan untuk menangani proses inputan dari keyboard. Oke, mari kita lihat kode program yang sudah penulis buatkan untuk latihan kita bersama.




Untuk hasil eksekusi dari kode program di atas, dapat dilihat gambar di bawah ini.


Oke teman-teman kodeprogramcpp, demikian dulu postingan kali ini ya. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan ditanyakan melalui media komentar di bawah dan jangan lupa untuk komentar untuk kritik dan saran nya ya. Salam Kodeprgramcpp +Hendro Pramana Sinaga 

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini