24 August, 2014

Fungsi dengan Pass by Value

Selamat datang di blog kodeprogramcpp. Pada kali ini, penulis ingin membahas sebuah topik mengenai pemanggilan "Arguments atau Parameter Fungsi dengan Metode Call by Value" pada bahasa C. Topik ini merupakan topik lanjutan dari topik sebelumnya tentang Memahami Penggunaan Function.  Jika teman-teman masih bingung dalam memahami penggunaan function, ada baiknya membaca postingan tersebut terlebih dahulu agar nantinya lebih mudah dalam memahami apa yang penulis sampaikan di postingan ini.


Pemanggilan Parameter dengan Call by Value

Oke, mari ke topik intinya dan mulai detik ini kata arguments yang biasa kita ucapkan dalam hal ini akan diganti dengan kata parameter saja, biar lebih akrab. hehehe... :) Siap-siap atur kuda-kuda biar tidak terjatuh dalam kebelengguan. :)

Pada dasarnya, parameter yang diberikan ke dalam sebuah function pada bahasa C itu bersifat "call by value". Artinya ialah setiap fungsi yang dipanggil dan memiliki parameter, fungsi tersebut hanya akan mengambil nilai dari variabel original yang diberikan dan disimpan ke dalam variabel sementara agar tetap terjaga selama penggunaan di dalam fungsi. Dengan begitu, dapat diambil kesimpulan bahwa sebuah fungsi secara mendasar tidak akan merubah nilai dari variabel yang kita berikan ke dalam fungsi tersebut, itulah mengapa sebabnya pemanggilan fungsi dengan passing paramater cara ini disebut dengan call by value.

Jadi, ketika kita memanggil sebuah fungsi yang sudah kita deklarasikan, maka secara diam-diam dan privasi, si bahasa C akan menyalin nilai-nilai dari variabel (original) yang kita berikan sebagai argumen ke sebuah variabel sementara. Tapi kan variabel yang kita berikan ke si fungsi itu variabel original? Nah, begitu si fungsi dijalankan, maka si bahasa C secara diam-diam juga menjadikan variabel itu sebagai variabel sementara di dalam fungsi. Oleh karena itulah, nilai yang diberikan sebelumnya ke si variabel (original) tidak akan berubah, apapun yang terjadi tidak akan berubah meskipun kita memanggil si fungsi berkali-kali. :D Oke, mari bersama-sama kita perhatikan contoh kode program bahasa c yang sudah penulis persiapkan untuk teman-teman sekalian.






Pada contoh kode program di atas, penulis mendeklarasikan fungsi dengan tipe data void dengan tujuan untuk agar kita semakin memahami mendeklarasikan fungsi pada bahasa c. Gak ngaruh kali ya? :D Penjelasannya ada pada postingan sebelumnya mengenai "Berkenalan dengan fungsi pada bahasa c", link post nya bisa dilihat di awal postingan ini ya. :)
Kode program yang penulis berikan di atas sudah di uji sebelumnya, dan hasil eksekusi programnya dapat dilihat di bawah ini ya.

Parameter Fungsi dengan Call by Value


Akhir kata, terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk meluangkan waktunya sebentar untuk memberikan komentar atau kritik dan saran untuk membantu penulis meningkatkan kualitas postingan agar kita bisa lebih mudah dalam memahami bahasa C ini.

3 comments:

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini