17 August, 2014

Berkenalan Dan Memahami Penggunaan Function Pada Bahasa C

Selamat datang di blog kodeprogramcpp. Pada kali ini penulis ingin mengajak teman-teman berkenalan dan memahami cara kerja penggunaan function atau fungsi pada bahasa pemrograman c. Apa saja yang akan di bahas pada postingan ini? Penulis akan membahas apa itu function, apa kegunaannya, bagaimana cara pendefenisian dan pendeklarasian function pada bahasa c. Postingan ini merupakan hasil dari pembelajaran dan pengalaman penulis dalam mempelajari bahasa pemrograman c
. Daripada berlama-lama curhat, silahkan langsung saja atur kuda-kuda untuk masuk ke topik pembahasan. :)

Function dan Kegunaannya

Apa itu function? Pertanyaan seperti itu pasti sering hadir ketika kita belum mengenali sesuatu hal atau suatu objek yang baru, seperti itu jugalah yang kita rasakan saat pertama kali mendengar istilah function dari dosen atau programmer di luar sana. Menurut penulis, defenisi function itu seperti di bawah ini.
Function atau fungsi adalah sebuah fitur atau alat yang digunakan untuk membungkus satu atau beberapa proses komputasi dan informasi pendukung, untuk menyelesaikan suatu aksi atau proses komputasi berdasarkan kegunaannya.
Dari defenisi di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa function merupakan sebuah alat khusus yang dapat melakukan aksi untuk menyelesaikan permasalahan yang spesifik. Maksudnya? Maksud dari kalimat itu dapat dipahami dari penggunaan function tersebut. Masih bingung? Nih penulis kasih contoh sebuah fungsi yang tentunya sudah sering digunakan dalam menulis program dengan bahasa C, printf(), getchar(), scanf() merupakan fungsi yang dapat kita gunakan untuk menyelesaikan atau menangani sebuah proses, dan setiap fungsi tersebut memiliki cara kerja dan kegunaannya tersendiri bukan? :)

Pendeklarasian dan Penggunaan

Sebuah fungsi di deklarasikan seperti di bawah ini

return_type function_name (parameter_declaration, [second_parameter_if_any)
{
  declarations_variable;
  statements;
}

return_type adalah tipe data dari sebuah fungsi yang di deklarasikan. Tipe data ini merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah function atau fungsi, sebab hal ini akan menandakan apakah fungsi tersebut dapat mengembalikan nilai ke fungsi pemanggilnya atau tidak. Maksudnya? Sabar sebentar ya, entar dijelasin setelah contoh kode dibawah. :) Oke deh, lalu bagaimana caranya menggunakan fungsi yang kita buat? Pada umumnya, jika kita ingin menggunakan fungsi yang sudah kita buat sebelumnya, kita cukup memanggil nama fungsi tersebut saja dan fungsi itu akan bekerja dengan sendirinya. Jadi kita tidak perlu khawatir, bagaimana si function itu mengimplementasikan apa yang kita suruh, karena bahasa C sudah memiliki cara tersendiri untuk menanganinya, yang penting bagi kita adalah bagaimana membuat sebuah function dengan baik dan benar.

Oke deh, langsung saja masuk ke TeKaPe di bawah ini.. :D



Mari perhatikan pendeklarasian dan penggunaan function pada kode program di atas. Penulis mendeklarasikan dua fungsi dengan return type yang berbeda yang akan digunakan di dalam program, untuk pendeklarasian fungsi dituliskan sebelum funti main().

Kemudian, coba perhatikan pendeklarasian fungsi pada cara1 dan cara2, berbeda bukan? Perbedaan utamanya terletak pada tipe data fungsi dan parameter yang di defenisikan pada fungsi tersebut.
Pada saat mendeklarasikan fungsi, penamaan variabel parameter tidaklah menjadi bagian yang penting, yang terpenting adalah tipe data dari si parameter itu. Oke, perhatikan kode lengkap dari fungsi yang sudah di deklarasikan sebelumnya di bagian bawah (setelah fungsi main()). Penamaan variabel parameter yang akan digunakan bisa berbeda bukan? Disinilah kita haru melakukan penamaan variabel terhadap parameter yang akan digunakan.

Akhir kata, sekian dulu untuk postingan kali ini dalam berkenalan dan memahami penggunaan function pada bahasa C. Berhubung penulis sudah ngantuk dan memang sudah tengah malam nih.. hehehe...
Jangan lupa untuk memberikan komentarnya ya teman-teman. Salam kodeprogramcpp.

3 comments:

  1. Replies
    1. Mungkin mas bisa pelajari bahasa C++ mulai dari yang mendasar dulu. Baca-baca buku mengenai Bagaimana membuat program, dasar-dasar pemrograman. Di blog ini terdapat beberapa postingan yang dapat membantu mas dalam memulai nya. Silahkan di eksplorasi lagi mas. :D

      Delete

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini