27 July, 2014

Perulangan For Pada C dan C++

Pada postingan kali ini, saya akan mencoba membahas sebuah struktur perulangan for yang disediakan oleh bahasa C dan C++ untuk para pengembang dalam yang ingin membuat sebuah program dengan bahasa tersebut. Hal ini tentunya sudah banyak dibahas di website atau media blog yang membahas tentang bahasa pemrograman, tetapi saya akan mencoba sedikit lebih mendasar mengenai penggunanan struktur perulangan For milik bahasa pemrograman C dan C++. Struktur perulangan yang akan kita coba bahas disini ialah struktur perulangan for.


Penggunaan For Yang Unik

Struktur perulangan for biasanya digunakan jika ingin melakukan pencetakan data secara berulang-ulang dan kita sudah mengetahui secara pasti seberapa banyak si for ini akan melakukan tugasnya dalam pencetakan atau pengecekan data. Mengapa kita harus mengetahui banyak data yang akan diproses? Oke, dalam pendeklarasiannya, struktur for memiliki 3 pendefinisian dalam bagannya, salah satunya ialah kapan si for ini akan berhenti mengerjakan tugasnya. Kapan si for berhenti, dapat kita beritahukan dari banyaknya data yang kita miliki. Apa yang terjadi jika kita tidak mendefenisikan kapan si for ini akan berhenti atau jika kita memberikan defenisi yang membingungkan si for untuk memberitahu dia kapan harusnya dia berhenti? Program yang kita buat akan fatal error atau jika compiler menjalankannya maka program akan berjalan selama-lamanya dan Anda tidak bisa melakukan perintah apa pun selain membunuh program dari Task Manager.

Inilah alasan mengapa saya mengatakan penggunaan for yang unik, karena bisa membuat kita sakit kepala dan struk hingga mengakibatkan kepala nyut-nyut dan tak karuan.. :D
Daripada bingung dan berlama-lama larut dalam cerita, mari kita masuk ke bagian utamanya.

Sintaks dan Implementasi

Struktur perulangan for memiliki sintaks standar sebagai berikut


Dalam pendeklarasiannya, C dan C++ memiliki sedikit perbedaan dalam mendeklarasikan variabel penentu. Jika pada Bahasa C++ kita boleh mendeklarasikan variabel penentu di dalam bagan arguments pendefenisian, pada bahasa C tidak boleh, kita harus terlebih dahulu mendeklarasikan variabel penentu sebelum kita memulai membuat struktur perulangan for. Mengapa pada bahasa C tidak melakukan hal yang dilakukan oleh bahasa C++ tidak akan dibahas disini, pembahasan dapat dilihat pada topik yang lebih spesifik. :D



Penggalan kode pada bagian Penjelasan1 kode diatas merupakan pendeklarasian dan inisialisasi langsung variabel penentu (untuk c variabel penentu harus dideklarasikan terlebih dahulu, sedangkan C++ bebas, bisa di deklarasikan dahulu atau langsung dideklarasikan dan inisialisasi secara bersamaan seperti kode di atas).

Penggalan kode pada bagian Penjelasan2 kode diatas merupakan pernyataan logika atau pernyataan kondisi untuk mengetahui kapan si for akan berhenti melakukan pekerjaannya. Pada bagian inilah apa yang saya katakan di atas (pada topik penggunaan for yang unik) kita terapkan.

Penggalan kode pada bagian Penjelasan3 kode diatas merupakan pernyataan operasional atau sering disebut dengan increment/decrement statement. Pada bagian inilah kita akan melakukan operasional penambahan atau pengurangan nilai pada variabel penentu kita, jadi setiap for selesai menjalankan pekerjaannya, terlebih dahulu si for akan melakukan pernyataan atau statement ini. Jika kita lihat pada kode kita diatas, maka si for ini akan menambahkan bilangan 1 pada si variabel penentu. Penambahan bilangan ini tergantung dari apa yang dikerjakan atau diinginkan, jika kode diatas i += 3, maka si for akan menambahkan bilangan 3 pada si variabel penentu. Semua ini tergantung dari kondisi keperluan program yang kita buat.

Untuk memahami skema perulangan for ini, tidaksaya bahas disini, jika ingin memahami skema perulangan dari C dan C++ silahkan baca di postingan Skema Perulangan Pada C dan C++.

Penutup

Akhir kata, terima kasih atas kunjungannya, semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa memberikan komentar dan saran agar kedepannya admin dapat memberikan postingan dengan cara yang lebih baik lagi.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini