21 September, 2012

Dasar Input dan Output Bahasa C

Selamat datang di blog kodeprogramcpp. Pada kali ini saya ingin berbagisatu kode program dan pengetahuan tentang bahasa C/C++, mengenai dasar masukan dan keluaran yang bisa digunakan dalam membuat program sederhana dengan bahasa C. Fungsi getchar(), fungsi ini berguna untuk menangkap inputan atau masukan sebanyak satu karakter saja. Misalnya, saya memilik satu variabel huruf dengan tipe data char. Untuk memberikan nilai pada variabel tersebut melalui masukan, kita dapat menulisnya seperti ini huruf = getchar();.

Sedangkan untuk menampilkannya kita bisa menggunakan fungsi putchar(nama_variabel);. Misalnya untuk penggunaan menampilkan
masukan ke variabel yang sudah saya sebutkan di atas, kita dapat menuliskannya sebagai berikut putchar(huruf);.
Oke, mari kita lihat kode program C nya di bawah ini.



Dari kode program di atas, saya memberikan 3 contoh penggunaan getchar() dan putchar(), mengapa? sebab jika fungski getchar() kita gunakan tanpa menggunakan perulangan, maka fungsi tersebut hanya bisa menerima satu karakter masukan saja, namun jika kita menggunaknnya di dalam suatu perulangan seperti yang terlihat pada kode program di atas, maka fungsi getchar() dapat menampung beberapa karakter yang akan teman-teman berikan. Nah, sekarang pertanyaannya adalah, mengapa bisa demikian? Ayo,mari uji pemahaman dalam mempelajari Bahasa Pemrograman C ini. Jika teman-teman bisa menjawab, silahkan teman-teman memberikan jawabannya pada kolom komentar di bawah.

Oke teman-teman, sekian dulu untuk postingan kali ini, dilain kesempatan saya akan memberikan postingan kembali mengenai pembelajaran dalam Bahasa pemrograman C dan C++. Salam kodeprogramcpp.

5 comments:

  1. maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artiker yang berkaitan tentang Pemrograman C++
    berikut linknya :
    http://repository.gunadarma.ac.id:8080/bitstream/123456789/1126/1/50407094.pdf
    semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap.. (Y)
      Terima kasih ya Pak Aizat.
      :)

      Delete
  2. jawabannya apa maas?
    maap newbie...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya yang memberikan pertanyaan, tidak mungkin kan saya yang menjawab? Dan lagi pertanyaan itu saya tujukan kepada teman-teman sekalian agar teman-teman sekalian mencari tahu mengapa demikian. Untuk mendapatkan jawabannya silahkan baca2 Referensi Bahasa C++. Jika sudah mendapatkan jawabannya, silahkan tuliskan jawabannya disini melalui kotak komentar.
      Lebih baik kita mencari dan menemukannya dengan sendiri, daripada kita mendapatkannya secara instan dari orang lain tanpa mengerti hal yang sebenarnya. :D

      Delete
    2. oooh iyaa ya mas yg bikin pertanyaan ya,
      knp saya nanya lg yaa,,,,

      Delete

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini