06 August, 2012

Hitung Frekuensi Kemunculan Data Array

Selamat berkunjung di kodeprogramcpp, blog nya para programmer C/C++. Pada postingan kali ini, saya akan satu kode program C/C++ yang bisa teman-teman gunakan untuk lebih memahami pemahaman teman-teman dalam mempelajari bahasa pemrograman C++. Judul program C++ yang akan saya bahas kali ini adalah "Menghitung frekuensi kemunculan bilangan-bilangan yang terdapat pada elemen-elemen data array (larik) C++". Sebagai ilustrasi, saya memiliki sekumpulan data sebanyak 5 buah bilangan, dimana tiap-tiap elemen bilangan saya adalah 3, 5, 8, 5, 10. Saya akan menghitung frekuensi kemunculan angka 3, angka 5, dan seterusnya hingga batas elemen bilangan yang saya miliki.

Jika ilustrasi ini dijalankan, maka hasilnya adalah :


   3 : 1 kali
   5 : 2 kali
   8 : 1 kali
   5 : 2 kali
  10 : 1 kali


Berdasarkan hasil keluaran ilustrasi di atas, saya ingin hasil keluarannya itu tidak menampilkan 2 buah bilangan yang sama, seperti pada angka 5, angka 5 ditampilkan sebanyak 2 kali, saya ingin hasilnya sebagai berikut :


   3 : 1 kali
   5 : 2 kali
   8 : 1 kali
  10 : 1 kali


Lebih terlihat dan lebih baik kan jika hasilnya seperti itu? Tetapi, untuk mendapatkan hasil seperti itu, data yang ada haruslah sudah dalam terurut,agar kita bisa lebih mudah mengendalikan kondisi nya. Nah, untuk itu langsung saja saya implementasikan ke dalam kode program C++ di bawah ini.




Oke teman-teman, demikian dulu untuk postingan kali ini. Semoga postingan ini bermanfaat buat teman-teman sekalian, di lain waktu saya akan menyapa teman-teman kembali dalam kode program C/C++ dengan topik pembahasan yang berbeda tentunya. :)
Salam kodeprogramcpp.

4 comments:

  1. ente web designer gan? mampir yuk ke posting ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya sekedar belajar aja sih gan.. :D
      Oke dah, entar ane numpang nimbrung di postingan agan.
      O iya, makasih ya gan udah mau mampir dan koment..
      Salam..

      Delete
  2. int kemunculandata itu buat apa
    kalo ga dipakemas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kegunaannya Digunakan untuk menyimpan jumlah kemunculan data berdasarkan indeks data. Pada umumnya untuk belajar menggunakan cara ini. Tapi disini sedikit dibedakan caranya, jumlah yang dihitung tidak disimpan terlebih dahulu, tapi langsung ditampilkan ke layar.

      Jadi, variable array kemunculandata nya Dihapus saja. :D

      Delete

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini