01 July, 2012

Tips Belajar Bahasa C Bagian 2

Hai sobat-sobat kodeprogramcpp, selamat datang dan selamat belajar bahasa pemrograman C/C++. Pada postingan sebelumnya, saya telah buat postingan mengenai Tips Belajar Bahasa C Bagian 1. Nah, kali ini saya akan membahas tentang "Tips Belajar Bahasa C Bagian 2". Oke, tanpa basa-basi lagi, mari kita langsung membahas Tips Belajar Bahasa C Bagian 2 ini.

Tips yang akan saya berikan pada postingan ini adalah :

Penulisan Sintaks Program


Dalam penulisan sintaks program, seringkali pemrogram pemula menuliskan gaya kode program dengan sesuka hati nya tanpa memandang gaya penulisan kode program dari Guru, Dosen atau Pembimbing Online. Coba teman-teman lihat penulisan kode program di bawah ini.

Bandingkan dengan penulisan kode program di bawah ini:

Menurut teman-teman, apakah penulisan kode program pada contoh 1 lebih baik daripada yang ke 2? Jika teman-teman sudah mengetahui sintaks yang benar, tentu saja teman-teman akan menjawab "TIDAK". Karena penulisan sintaks pada contoh no.2 yang benar. Yang perlu teman-teman ketahui juga disini adalah bahwa pemrograman mengandung unsur seni, begitu juga dengan penulisan sintaksnya. Usahakanlah menulis sintaks program serapi dan seelok mungkin, hingga teman-teman tidak jenuh dan bosan dalam menulis kode program.

Penggunaan Fungsi Pustaka

Sebelum teman-teman menggunakan fungsi pustaka yang telah disediakan dalam bahasa pemrograman, alangkah baiknya jika teman-teman mengetahui terlebih dahulu apa kegunaan dari fungsi itu dan bagaimana cara penggunaan fungsi tersebut. Tidak baik jika teman-teman mencoba-coba fungsi pustaka tetapi hasilnya tidak sesuai dengan fungsi pustaka yang cocok untuk program yang sedang teman-teman buat dan itu akan membuat waktu teman-teman menjadi berkurang dan tidak efisien dalam mempelajari suatu bahasa pemrograman.
Oke teman-teman, demikianlah Tips Belajar Bahasa C Bagian 2 ini, semoga tips yang sangat mendasar ini dapat membantu untuk memudahkan teman-teman dalam mempelajari bahasa pemrograman C/C++. Semangat dan tetap berlatih membuat program sederhana hingga teman-teman benar-benar mahir. :)
Salam kodeprogramcpp.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini