29 July, 2012

Program C Selection Sort

Selamat datang di blog kodeprogramcpp. Pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan satu program C/C++ mengenai pengurutan data secara selection sort. Pengurutan data ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu "pengurutan data naik (Ascending) dan pengurutan data turun (Descending)". Alur logika proses pengurutan ini ialah sebagai berikut, misalkan saya mempunyai kumpulan bilangan sebanyak 5 buah. Dimana bilangan ini tersusun secara acak, yaitu 2,5,3,1,4. Sekarang saya akan mengurutkannya, pertama-tama saya ambil satu bilangan di posisi pertama (angka 2), lalu bilangan itu saya bandingkan secara terurut mulai dari bilangan pada posisi ke-2 hingga bilangan pada posisi ke-5. Di saat melakukan perbandingan, ketika saya menemukan bilangan yang lebih kecil daripada bilangan pembanding saya pada posisi 1,
maka bilangan yang lebih kecil dari bilangan posisi satu berpindah ke posisi 1 dan bilangan yang dari posisi 1 berpindah ke posisi bilangan yang lebih kecil tadi.

Sekarang bilangan pembanding adalah angka 1, kemudian angka 1 dibandingkan dengan bilangan selanjutnya, apabila telah mencapai posisi akhir dari suatu bilangan dan bilangan tidak lebih kecil dari bilangan pembanding, maka bilangan pada posisi selesai untuk dibandingkan, sekarang bilangan pada posisi ke-2 yang akan dibandingkan dengan bilangan-bilangan pada posisi selanjutnya. Demikian seterusnya hingga proses perbandingan selesai dan bilangan telah tersusun secara terurut. Pengurutan data yang saya jelaskan ini adalah pengurutan data secara Ascending (urut naik), dimana bilangan diurutkan mulai dari bilangan terkecil hingga bilangan terbesar.

Untuk pengimplementasiannya ke dalam kode program dan agar pengertian kita lebih mantap lagi, silahkan perhatikan kode program C/C++ untuk pengurutan data secara Ascending dengan metode selection sort di bawah ini.


Oke teman-teman, demikian dulu untuk postingan kali ini. Semoga postingan ini bermanfaat buat teman-teman sekalian, di lain waktu saya akan menyapa teman-teman kembali dalam kode program C/C++ dengan topik pembahasan yang berbeda tentunya. :)
Salam kodeprogramcpp.

6 comments:

  1. Replies
    1. Pada Ascending, pembanding membandingkan apakah dia lebih besar dari data yang akan dibandingkan. Sedangkan pada Descending, logikanya seperti ini : "bilangan pembanding membandingkan apakah pembanding lebih kecil dari data bilangan yang ada, jika pembanding lebih kecil, maka lakukan pertukaran posisi."

      Jika kurang jelas, bisa ditanyakan kembali.
      Trimakasih. :)

      Delete
  2. Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang selection sort, semoga dapat saling melengkapi

    Selection Sort dalam Bahasa C (Materi + Koding)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya @Intan Pertiwi.. :)

      Delete
  3. Admin.. tolong buatkan. Contoh penerapanya ke dalam program c++

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Robert : kode program di atas sudah dalam bentuk C++ lho.. :D

      Delete

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini