28 July, 2012

Pengantar Struktur Data C++

Selamat datang di blog kodeprogramcpp. Pada postingan kali ini saya ingin mencoba menjelaskan kepada teman-teman sekalian apa sebenarnya sturktur data itu, bagaimana pendeklarasian struktur data dan bagaimana caranya mengakses elemen yang dimiliki strukur data. Oke teman-teman, langsung saya kita mulai pembahasan mengenai struktur data (data structures) pada C/C++.



Defenisi
Suatu struktur data ialah pengelompokan beberapa variabel yang bernaung dalam nama yang sama tetapi berbeda tipe datanya. Tidak seperti array (larik), yang berisi dengan elemen-elemen larik dalam satu nama yang sama dan tipe data yang sama. Variabel-variabel pembentuk struktur data ini disebut elemen-elemen yang dimiliki oleh struktur data. Elemen-elemen itu bisa bertipe int, char, float, double, dan sebagainya.
Pendeklarasian
Untuk deklarasi dari struktur data ini, dapat dituliskan dengan sebagai berikut.


Akses Elemen
Untuk mengakses elemen-elemen yang ada pada struktur data, kita dapat memanggilnya dengan cara seperti ini :
nama_variabel.elemen
Untuk lebih jelas lagi bagaimana cara penulisan, pengaksesan elemen di dalam struktur data, teman-teman bisa lihat kode program C/C++ yang telah saya sediakan di bawah ini.



Teman-teman juga bisa melihat video tutorial yang telah saya buat khusus kepada teman-teman sekalian. hehe.. :)
silahkan teman-teman lihat, dan mohon bantu di share ya apabila bermanfaat!!


Oke Teman-teman, sekian dulu untuk postingan kali ini. Di lain kesempatan saya akan menyapa teman-teman lagi dalam kode program bahasa C/C++.
Salam kodeprogramcpp.

1 comment:

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini