15 June, 2012

Tips Belajar Bahasa C Bagian 1

Selamat datang di blog kodeprogramcpp. Pada postingan kali ini saya tidak akan berbagi kode program C/C++ kepada teman-teman sekalian, namun pada kali ini saya akan berbagi sebahagian tips dalam mempelajari bahasa C/C++ sesuai dengan pengalaman saya dalam mempelajari bahasa pemrograman C/C++ selama ini, yang mungkin tips ini bisa teman-teman implementasikan sehari-hari nya dalam mempelajari bahasa C/C++.


Sebenarnya, untuk mempelajari bahasa pemrograman yang beraras middle level programming language ini tidaklah sesulit yang kita bayangkan dan pikirkan. Yang pertama harus teman-teman ketahui adalah pembuatan program C/C++ dilakukan secara terurut, inilah yang menjadi alasan mengapa bahasa C/C++ disebut bahasa terprosedural. Oleh karena itu apabila teman-teman melakukan pengkodean program, tetapi pola pengerjaannya tidak terurut maka hasil akhir yang akan didapatkan tidak akan sesuai dengan yang kita harapkan. Itulah mengapa kita juga mempelajari Logika dan Algoritma bersamaan dengan mempelajari bahasa C/C++ di perkuliahan, agar kita bisa membuat program C/C++ sesuai dengan teori dari Logika dan Algoritma yang kita pelajari.

Sebelum menulis kode program, ada baiknya teman-teman menuangkan ilustrasi program yang akan teman buat ke dalam algoritma dan flow chart, agar teman-teman benar-benar sudah memahami apa yang akan teman-teman ketikkan pada baris kode program dan agar nantinya teman-teman tidak meraba-raba lagi saat melakukan pengkodean program.

Inti dari tips C/C++ pada postingan ini adalah teman-teman harus mengerti terlebih dahulu cara kerja dari program yang akan teman-teman buat, sehingga teman-teman tidak kesulitan dalam menentukan berapa banyak variabel yang akan digunakan dan dideklarasikan dengan tipe data yang tepat tentunya, sehingga nanti tidak ada variabel yang tidak bekerja dan memakan memori.

Oke teman-teman, sampai disini dulu untuk postingan kali ini, pada lain kesempatan saya akan memberikan satu kode program yang mungkin dapat membantu teman-teman sekalian dalam mempelajari bahasa C/C++. Salam, kodeprogramcpp.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini