09 February, 2012

Struktur Kendali Pada C++

Selamat datang kembali di blog kodepemrog, pada kali ini saya akan curhat tentang Struktur Kendali ungkapan/pernyataan, atau dalam bahasa sononya disebut "control statement". Pada Bahasa C/C++ kita bisa mengendalikan bagian pernyataan yang akan di proses program, dengan memuat suatu kondisi penentu apa pernyataan itu dijalankan atau tidak. Pernyataan dijalankan jika kondisi terpenuhi, jika tidak pernyataan akan diabaikan dan program akan melanjutkan ke proses berikutnya.


Struktur Kendali pada Bahasa C/C++ ada 2 bentuk, yang pertama struktur kendali pemilihan (selection) dan yang kedua struktur kendali pengulangan (repeatition), namun kali ini saya hanya akan curhat mengenai struktur kendali pemilihan saja, struktur kendali pengulangan di kesempatan berikutnya.

Bahasa C/C++ menyediakan dua pernyataan pemilihan proses, yaitu if dan switch. Pernyataan if mempunyai beberapa variasi bentuk, yaitu :
  1. if
  2. if .. else
  3. if .. else if (if bertingkat)
Penggunaan bentuk pernyataan pemilihan proses di atas ke dalam program adalah sebagai berikut.

Jika program di atas kita jalankan, maka hasil output nya akan terlihat seperti pada screenshot di bawah ini:

Struktur Kendali C/C++







Berikut video tutorial yang telah saya upload ke youtube mengenai struktur kendali pada C++



Oke teman-teman, sampai disini dulu ya saya curhat nya. Lain waktu saya akan curhat lagi mengenai topik C/C++ lainnya.. Terima kasih atas kunjungan teman-teman. Jangan lupa berikan komentarnya ya teman-teman. Salam Kodepemrog.

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini