29 February, 2012

Program Modulo Dengan C++

Selamat datang di blog kodeprogramcpp, semoga blog ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang ingin belajar Bahasa C/C++. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pembahasan mengenai penggunaan Operator Aritmatika Modulo (sisa pembagian) pada Bahasa C++. Modulo adalah hasil sisa pembagian dari 2 bilangan. Contoh nya 4%3=1, dimana jika 4:3 dapat diperoleh hasilnya 1 dan sisa nya 1.
Sisa nya itu lah yang disebut dengan sisa pembagian.. :)
Oke, untuk menentukan Modulo dengan C++, berikut kode program yang bisa digunakan :



Jika kode program di atas kita eksekusi, maka hasil nya akan seperti contoh output di bawah ini

Berikan bil anda : 7
Sisa Pembagian dari 7%4 adalah : 3

*Apabila bilangan yang akan dimodulokan atau bilangan yang akan di cari hasil sisa pembagiannya lebih kecil dari bilangan pemodulo, maka hasil dari proses modulo nya adalah bilangan yang akan dimodulokan itu sendiri juga. Misal 3%4, maka hasil sisa pembagian dari proses tersebut adalah 3 (Bilangan yang akan dimodulokan).

Video tutorial nya dapat disaksikan di bawaha ini (kayak bioskop aje, hehe..)


Semoga Bermanfaat..
Salam, kodeprogramcpp.

3 comments:

  1. Replies
    1. Contoh aplikasi apa ya yang dimaksud? Kalau contoh aplikasi dari penerapan modulo, paling sering dijumpai di aplikasi matematika, kriptografi. :D

      Delete

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini