04 February, 2012

Penulisan Komentar Bahasa C

Selamat datang kembali di blog kodepemrog, pada kali ini saya akan menulis sebuah posting sederhana mengenai aturan cara penulisan komentar dalam Bahasa C/C++. Komentar yang dibuat tidak akan terlihat saat program dijalankan, compiler akan mengabaikan komentar yang anda buat. Komentar digunakan agar pemrogram mendiskripsikan bagian-bagian kode program yang mereka buat, sehingga apabila satu saat pemrogram ingin
memperbaiki kode programnya, pemrogram akan lebih mudah mencari bahagian kode program yang akan di ubah lewat deskripsi komentar program yang telah dibuat sebelumnya.

Ada 2 (dua) cara penulisan komentar dalam bahasa C/C++, anda dapat menggunakan salah satu dari kedua cara penulisan komentar tersebut.
Yang pertama garis miring dua "//", cara penulisan komentar ini disebut juga dengan komentar satu baris karena penggunaanya hanya untuk komentar pada satu baris saja. Yang kedua, di awali dengan karakter "/*" dan di akhiri dengan karakter "*/", cara penulisan komentar ini disebut juga dengan blok komentar (penulisan komentar komentar bisa lebih dari satu baris).


Penggunaannya dapat anda lihat pada contoh program sederhana di bawah ini.



Jika Program di atas dijalankan, maka output nya akan terlihat seperti di bawah ini:


Komentar satu baris
Blok komentar (Multiple lines comments)


Sampai disini dulu untuk kali ini, di lain waktu akan kita lanjutkan lagi bersenang-senang dengan Bahasa C dan C++. Salam kodepemrog .

1 comment:

Berikan komentar, Kritik dan saran teman-teman mengenai blog ini. Komentar, Kritik dan saran teman-teman sangat berarti untuk perkembangan Blog ini.
Salam Blogger, salam kodeprogramcpp.

Lihat Juga Berita Pilihan Ini